Buscar

Google I/O 2011, Honeycomb 3.1, Ice Cream Sandwich Hingga Layanan Multiimedia


Acara Google I/O tahun 2011 ini sudah dimulai dan mengungkapkan statistik dan berbagai hal baru bagi OS Android. Selain rilis update Android 3.1 Honeycomb untuk tablet, Google juga memberikan sedikit gambaran mengenai OS Android selanjutnya yaitu Ice Cream Sandwich yang akan menggabungkan berbagai percabangan versi Android yang sekarang berada di setiap smartphone Android.
Acara ini dibuka dengan informasi perkembangan Android. Menurut Google saat ni perangkat Android yang telah diaktivasi berjumlah lebih dari 100 juta unit. Angka aktivasi juga meningkat menjadi 400.000 per hari. Android Market juga semakin berkembang dengan telah tersedianya lebih dari 200.000 aplikasi, dengan jumlah aplikasi gratis melebihi yang ada di Apple App Store.
Google juga mengumumkan dan menjelaskan mengenai update pertama dari Honeycomb yaitu Android 3.1. Update ini masih diberi nama yang sama karena update yang dilakukan hanya sedikit saja jika dibandingkan versi 3.0. Ada beberapa perbaikan kecil dan optimasi selain beberapa fitur baru yaitu widget yang bisa diubah ukurannya serta dukungan mode USB host untuk memudahkan transfer data memakai asesoris USB yang ada. Android 3.1 juga didemokan dalam sebuah game singkat memakai kontroler Xbox 360. Saat ini Android 3.1 Honeycomb telah dipasang pada Motorola XOOM dan akan disusul pada Samsung Galaxy Tab 10.1.
Selain Honeycomb, Google juga mengungkapkan OS Android baru yaitu Ice Cream sandwich. Belum ada nomer versi OS baru ini namun diperkirakan pengumuman resminya akan dilakukan sebelum rilisnya di kuartal keempat tahun 2011 ini.


Android Ice cream sandwich merupakan upaya Google untuk menggabungkan semua cabang Android yang beredar saat ini. Dengan demikian OS mobile ini akan bisa dijalankan di berbagai perangkat mulai smartphone, tablet, hingga perangkat Google TV. Ice Cream sandwich ini akan memakai UI holografis dan tetap open-source.


Google juga mengumumkan aliansi Android untuk memudahkan proses update perangkat Android. Kemitraan ini diikuti antara lain Verizon, HTC, Sprint, LG, T-Mobile, Vodafone, Motorola, AT&T, Sony Ericsson dan Samsung.
Pengumuman lainnya adalah Android@Home dan Android Open Accessory yang memudahkan pengembang membuat aksesoris perangkat keras yang bisa dijalankan di Android melalui Open Accessory API. Sebagai bagian dari program maka Google merilis ADK Kit untuk membantu pengembang membangun aksesoris yang diinginkan.
Sementara itu Android@Home merupakan konsep menarik yang memungkinkan aplikasi Android berinteraksi dengan perangkat elektronik rumah tangga seperti alarm, pengatur cahaya hingga pemutar musik dan lain-lain.
Pada kesempatan tersebut Google juga mengumumkan layanan Google Music Beta. Layanan ini saat ini baru tersedia di Amerika Serikat.

video tentang pengembangan android : http://youtu.be/Oq05KqjXTvs





sumber via : teknoupyoutube

0 comments:

Post a Comment