Buscar

Tutorial membuat Aplikasi Android Sederhana "Hello world"

Setelah selesai melakukan instalasi tools yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi Android, jika belum melakukan instalasi aplikasinya, bisa meperlajarinya di Tutorial Menginstall Eclipse.
sekarang kita bisa memulai membuat aplikasi Android. Seperti kebiasaan belajar suatu bahasa pemrograman pada umumnya, kita mulai dengan membuat aplikasi Hello World. Semua pengerjaan pembuatan aplikasi ini akan kita lakukan dengan menggunakan Eclipse. Berikut langkah-langkah pembuatannya :
  1.  Dari Eclipse pilih menu File > New > Android Project yang akan memunculkan jendela dialog New Android Project
  2. Isikan Project name dengan HelloAndroid
  3. Pilih salah satu platform di Build Target sesuai yang telah diinstall dan target versi sistem operasi Android dimana aplikasi akan dijalankan. Nilai field ini juga akan menentukan library Android mana yang akan dipakai untuk kompilasi.
  4. Pada bagian Properties isikan nilai berikut :
  5. Contoh hasil pengisian data tersebut bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Selesai mengisikan data yang diperlukan, tekan tombol Finish.
  6. Jika kita lihat dalam tree project HelloAndroid akan ada sejumlah file dan direktori. Lihat ke dalam folder src akan terdapat file HelloActivity.java yang isinya seperti berikut 
    1.   
         
         
         
         
         
         
         
         
         
         
         
                
    1. Selanjutnya kita lakukan modifikasi pada kode di atas menjadi seperti di bawah ini. Perhatikan bagian yang diberi tanda adalah perubahan yang dilakukan.













    7. Coba jalankan aplikasi yang baru dibuat dengan klik kanan nama project HelloWorld yang ada di panel Package Explorer di panel sebelah kiri, kemudian pilih menu Run As > Android Application.

    8. Tunggu sampai proses start up emulator selesai, jika sudah muncul tampilan Android Lock Screen, buka key lock dan akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini.

    0 comments:

    Post a Comment